Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit

Pada dasarnya business process rumah sakit itu hampir sama antara satu rumah sakit dengan rumah sakit yang lainnya, yang membedakan adalah type rumah sakitnya. Semakin tinggi kelasnya maka semakin kompleks proses bisnisnya. Semakin khusus rumah sakitnya maka proses bisnisnya juga semakin unik. Karena itu ada tahap  assessment untuk kemudian dilakukan kustomisasi produk (SIMRS) sebelum implementasi.

Sebuah SIMRS dikatakan ideal atau lengkap jika telah memiliki semua modul standar yaitu:

Master

Modul master digunakan untuk men-setting parameter-parameter yang akan digunakan pada proses di modul yang lain. Termasuk didalamnya adalah manajemen user.

Front Office

Modul front office berisi menu untuk pendaftaran pasien rawat jalan (baru & lama), pendaftaran rawat inap, informasi jadwal dokter dan informasi mengenai pasien rawat inap.

Klinik

Modul klinik digunakan untuk input data (anamnese, diagnosis, tindakan, resep) pada klinik rawat jalan.

Bangsal

Modul bangsal digunakan untuk input data (anamnese, diagnosis, tindakan, asuhan keperawatan, resep, visit dokter) pada bangsal rawat inap.

Rekam Medis

Modul rekam medis merupakan modul untuk memantau keberadaan berkas rekam medis. Selain itu pada modul rekam medis juga bisa dilihat riwayat kesehatan pasien berdasarkan data yang telah diinput dari unit-unit terkait.

Apotek

Modul apotek digunakan untuk input data obat yang diberikan kepada pasien berdasarkan resep yang sudah diinputkan oleh dokter. Juga dilengkapi dengan fasilitas retur obat yang prosesnya terhubung dengan modul inventori.

Kasir

Modul kasir digunakan untuk menghitung jumlah total biaya yang harus dibayarkan oleh pasien, biaya ini otomatis terkalkulasi dari data yang sudah diinput oleh unit lain yang terkait. Pada modul ini juga difasilitasi dengan menu deposit bagi pasien rawat inap, termasuk informasi biaya sementara yang harus dibayar pasien meski pasien belum check out dari rumah sakit.

Inventori

Modul inventori merupakan modul pergudangan. Digunakan untuk pengadaan obat, alat-alat kesehatan dan keperluan rumah sakit. Mulai dari PO (Purchase Order), penerimaan, penyimpanan, retur, dan setting harga jualnya.

Akuntansi

Modul akuntansi merupakan modul yang dibuat hampir sama dengan aplikasi akuntansi terpisah yang banyak dijual di pasaran. Hanya saja pada modul akuntansi yang terintegrasi pada SIMRS maka data transaksi otomatis akan terhubung dengan data transaksi yang dilakukan oleh unit lain yang terkait, jadi tidak perlu input ulang untuk jurnalnya. Modul ini termasuk penjurnalan, buku besar dan beberapa laporan standar akuntansi seperti neraca dan laporan laba-rugi.

Laporan

Modul laporan secara default akan menampilkan laporan yang diwajibkan dan sesuai dengan format dari Dinas Kesehatan (laporan eksternal). Untuk laporan internal biasaya disesuaikan dengan rumah sakit yang akan dilakukan implementasi.

sumber: http://dianbudisantoso.net/2011/03/12/sistem-informasi-manajemen-rumah-sakit-ideal/

 

About rusilawati

Manajemen Informasi Kesehatan 2010

Posted on June 19, 2011, in Rekam Medis dan Informasi Kesehatan. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: